Categories
Tips Properti

Ingin Bisnis Rumah Kontrakan?? Lakukan 5 Hal ini ..

INGIN BERBISNIS RUMAH KONTRAKAN? LAKUKAN 5 HAL INI

Jika Anda ingin memiliki income pasif tanpa harus meluangkan banyak waktu bekerja, Anda dapat mencoba berbisnis rumah kontrakan. Bisnis ini telah terbukti menjadi salah satu investasi masa depan yang menguntungkan.

Untuk memulainya tentu saja Anda harus memiliki rumah yang akan dikontrakkan. Bila Anda belum memilikinya, salah satu opsi untuk itu adalah membeli rumah terlebih dahulu yang kemudian akan Anda sewakan.

Namun, ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan dahulu sebelum mengambil langkah lebih jauh. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Membuat Target Pendapatan Kontrakan

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah rumah untuk disewakan, pastikan Anda telah mencari tahu harga sewa pada umumnya di pasaran yang sesuai dengan lokasi serta kualitas rumah atau properti yang akan dibeli.

Setelah itu, lakukanlah perhitungan untung-rugi, apakah harga beli properti itu akan terbayarkan dengan harga sewa yang akan Anda patok kelak.

Andaikan Anda membeli rumah seharga Rp. 300 juta. Harga sewa rumah di lingkungan sekitar adalah Rp. 1,5 juta per bulan. Maka bila dihitung Anda akan mendapatkan Rp. 18 juta tiap tahun.

Pertimbangkan juga tentang pengeluaran bulanan atau tahunan yang harus Anda keluarkan sebagai pemilik properti. Ini semua harus dihitung sebaik-baiknya agar Anda tidak merugi pada akhirnya.

2. Pahami Pengeluaran Tahunan Kontrakan

Pengeluaran tetap dan pengeluaran tak terduga adalah 2 hal yang harus Anda perhitungkan dalam berbisnis rumah kontrakan.

Untuk pengeluaran tetap, Anda akan mengeluarkan uang secara rutin untuk membayar pajak, asuransi, perawatan (maintenance) dan yang sejenisnya.

Sedangkan untuk pengeluaran tak terduga, Anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk keperluan darurat jika terjadi hal-hal di luar rencana. Contoh yang paling sering adalah seperti AC yang rusak dan sebagainya.

Persiapkan dana untuk pengeluaran tetap dan tak terduga yang sama nominalnya. Anggaplah Anda menyiapkan dana Rp. 3 juta untuk masing-masing pengeluaran, artinya tiap tahun Anda harus menyisihkan Rp. 6 juta dari penghasilan kontrakan demi kedua pengeluaran ini.

Bila kita memakai perhitungan sebelumnya, biaya sewa per tahun adalah Rp. 18 juta dikurangi pengeluaran per tahun sebesar Rp. 6 juta, maka pendapatan Anda adalah Rp. 12 juta.

Perhitungan ini hanya berlaku bila properti Anda sudah ada penyewanya. Jadi Anda harus bersiap diri untuk menanggung semua biaya pengeluarannya bila tidak ada yang menyewa.

3. Bersiap untuk Semua Resiko

Sudahkan Anda siap menanggung berbagai resiko rumah kontrakan? Pikirkanlah berbagai resiko yang akan terjadi ketika Anda menjalankan bisnis ini. Pertimbangkanlah kemungkinan-kemungkinan berikut :

a. Saat membeli properti, Anda mungkin harus merancang kembali interiornya dengan baik

b. Mungkin properti Anda tidak ada yang mengontraknya selama beberapa waktu

c. Bila penyewanya kelak bermasalah, Anda harus sanggup mengusirnya

d. Anda harus siap memperbaiki bagian properti yang mungkin akan rusak oleh penyewa yang tak bertanggung jawab.

4. Rutin Melakukan Perawatan Properti

Perawatan properti harus rutin Anda lakukan. Agar kontrakan Anda tetap baik dan terawat, rutinlah untuk membersihkannya sambil memastikan bahwa setiap bagian rumah tidak ada yang rusak. JIka ada kerusakan, segeralah perbaiki.

Rumah yang kosong rawan terhadap kejahatan, misalnya pencurian listrik. Bila rumah Anda belum ada penyewanya, mintalah bantuan satpam atau pihak keamanan di area tersebut untuk memastikan properti Anda tetap aman. Meskipun pada akhirnya rumah Anda sudah ada penyewanya, tetaplah berkoordinasi dengan pihak keamanan agar tetap terjamin aman.

5. Promosikan Kontrakan Anda dengan Tepat

Agar rumah kontrakan Anda dapat segera laku, buatlah promosi yang bagus dan tepat. Anda dapat membuat iklan yang dipasang di surat kabar, majalah, koran, maupun pada situs-situs tertentu secara online. Pakailah juga jasa agen properti terpercaya untuk membantu mengiklankan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *