Categories
Tips Properti

Cara Simple Memilih Rumah di Perumahan

6 TIPS MEMILIH RUMAH DI KAWASAN PERUMAHAN

Ketika Anda memilih untuk membeli rumah di suatu perumahan, pastikan Anda telah menimbang dengan matang keputusan Anda. Ingatlah selalu bahwa membeli rumah adalah tentang menata masa depan sehingga perencanaan dan pertimbangan yang matang diperlukan dalam hal ini.

Jika Anda sedang berencana untuk membeli rumah di lokasi perumahan, simak tips berikut ini untuk membantu Anda menetapkan keputusan.

1. Lokasi Perumahan yang Mudah Diakses

Aksesibilitas adalah pertimbangan pertama ketika hendak membeli sebuah rumah. Perhatikan lokasi perumahan itu, apakah mudah dijangkau dari berbagai jalan, apakah tersedia beberapa pilihan jalan alternatif menuju ke perumahan itu, apakah dapat diakses dengan kendaraan umum, dan apakah kondisi jalannya bagus, terawat, serta memungkinkan untuk dilalui.

2. Lokasi Perumahan Dekat dengan Berbagai Fasilitas Umum

Selain mudahnya akses menuju ke perumahan tersebut, pertimbangkan juga akses dari perumahan itu ke berbagai fasilitas umum.

Mungkin tidak semua fasilitas umum dapat ditemukan di sekitar lingkungan perumahan. Namun beberapa fasilitas penting seperti pasar, pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, rumah sakit, ATM/bank adalah tempat-tempat yang harus diperhatikan ketika membeli sebuha rumah di perumahan. Perumahan yang baik adalah yang lokasinya dekat dengan sejumlah fasilitas umum yang penting seperti tadi.

3. Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) di dalam Area Perumahan

Ada banyak perumahan yang menyediakan berbagai fasilitas, baik itu fasum maupun fasos, di dalam area perumahan itu sendiri. Fasum maupun fasos yang biasanya dibangun di dalam perumahan meliputi rumah ibadah, taman bermain, taman kompleks, minimarket dan ATM, serta sarana olah raga seperti jogging track, lapangan olah raga indoor dan outdoor.

Saat Anda berencana untuk memilih tinggal di perumahan dengan fasum dan fasos yang ada di dalamnya, jangan lupa untuk memperhatikan apakah semua fasilitas itu dirawat dengan baik atau tidak. Ini adalah salah satu indikator dari keseriusan pihak developer dalam pengelolaan dan perawatan lingkungan perumahan tersebut.

4. Reputasi Pengembang Perumahan/developer

Agar Anda tidak kecewa pada akhirnya, sebaiknya cari tahu dahulu informasi tentang reputasi pihak developer dari perumahan yang ingin Anda beli. Cara mengecek reputasi pihak developer adalah dengan bertanya pada masyarakat sekitar perumahan atau kepada penghuni perumahan itu sendiri mengenai kesan mereka atas pihak pengembang perumahan. Selain itu Anda juga dapat mencari informasi mengenai developer itu secara daring untuk melengkapi informasi yang ada di lapangan.

Konsumen cenderung mempercayai developer yang telah membangun beberapa perumahan karena dianggap sudah pasti berpengalaman dan tahu cara mengatasi setiap keluhan yang ada.

5. Keamanan dan Kebersihan Lingkungan Perumahan

Pastikan bahwa rumah yang akan Anda beli berada pada perumahan yang aman dengan sistem keamanan yang baik. Ini dapat ditunjukkan dengan adanya pos satpam yang berkerja 24 jam setiap hari, jam berjaga/ronda yang teratur, serta penggunaan CCTV pada tempat-tempat khusus dan strategis.

Menyangkut kebersihan, Anda juga perlu memastikan adanya layanan sampah yang bekerja setiap hari untuk mengambil sampah dari rumah-ke rumah.

6. Infrastruktur yang Baik dalam Kompleks Perumahan

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan juga adalah infrastruktur yang ada di dalam perumahan, apakah sudah tersedia dan dalam kondisi baik atau tidak. Infrastruktur ini meliputi jalan, selokan/drainase, pasokan air bersih, dan jaringan listrik.

Ada beberapa developer yang, ketika masih sementara mengerjakan pembangunan perumahannya, belum menyelesaikan pembuatan jalan alhasil kondisi jalan masih berupa lapisan batuan (tahap onderlagh). Alasan mereka cukup masuk akal; pembuatan jalan akan diselesaikan setelah pembangunan perumahan selesai agar jalan itu tidak cepat rusak dan awet. Jika Anda menemukan developer yang demikian, Anda perlu memastikan bahwa mereka akan memenuhi janji untuk penyelesaian jalan dalam perumahan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *