Categories
Tips Properti

Mau Sewa Apartemen?.. Simak Tips Berikut ..

BERNIAT MENYEWA APARTEMEN? INI TIPSNYA!

Banyak orang yang tinggal dan beraktivitas di kota besar memilih untuk tinggal di apartemen. Hal ini dinilai lebih praktis, efisien dan menguntungkan bila dilihat dari harga, fasilitas, keamanan, hingga lokasi yang strategis dari apartemen tersebut.

Namun memilih apartemen yang cocok untuk ditinggali akan membutuhkan beberapa pertimbangan khusus, terutama bagi pemula. Bila Anda salah satunya, simak beberapa tips memilih apartemen berikut ini.

1. Pemilihan Lokasi

Pertimbangan pertama yang paling penting adalah lokasi apartemen. Pastikan apartemen yang hendak Anda tinggali berdekatan dengan tempat kerja, kampus, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Pilihlah juga lokasi apartemen yang dapat dijangkau dengan transportasi umum sehingga memudahkan dalam mobilisasi.

Bila Anda memiliki beberapa pilihan apartemen, lakukan perbandingan jarak ke fasilitas umum dengan mempertimbangkan potensi kemacetan serta akses kendaraan di sekitar apartemen-apartemen tersebut.

2. Cari yang Sesuai Kebutuhan

Carilah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih dari 3 jenis apartemen yang biasanya disewakan, full furnished (siap dihuni), unfurnished (tanpa furnitur), dan semi furnished (tersedia beberapa furnitur).

Tak hanya itu, Anda juga perlu memastikan ukuran apartemen yang Anda perlukan. Ada beberapa ukuran apartemen yang dapat Anda piliih, mulai dari studio 22 m2, 1 kamar tidur 34 m2, dan 2 kamar tidur 39 m2.

3. Perhatikan Fasilitas yang Tersedia

JIka Anda memilih apartemen yang semi furnished atau yang furnished, Anda harus memastikan semua furnitur yang tersedia berada dalam kondisi yang baik, aman, dan dapat digunakan.

Di samping itu, Anda dapat pula menyisihkan waktu untuk memperhatikan fasilitas pendukung lainnya seperti sarana olah raga, kolam berenang, bank, atau minimarket untuk mendukung kelancaran aktivitas Anda kelak.

4. Pertimbangkan Harga Sewa

Ketika memilih apartemen, pertimbangkan apakah harga sewa apartemen itu sudah sesuai dengan fasilitas yang disediakan dan kemudahan akses di sekitarnya.

Anda juga harus mempertimbangkan biaya lainnya di luar biaya sewa, seperti pemelharaan gedung dan tagihan lainnya.

Bila Anda ingin menghemat biaya, carilah apartemen dengan sistem sewa per tahun. Namun jika budget Anda tidak mencukupi, temukan apartemen favorit Anda di Rukita. Anda dapat membayar harga sewanya tiap bulan tanpa ada biaya tambahan lainnya.

5. Ketahui Peraturan Apartemen

Saat Anda hendak menandatangi perjanjian sewa, perhatikan dengan seksama semua peraturan di apartemen.

Tanyakan hal-hal yang belum Anda pahami atau bila Anda memiliki keinginan khusus terkait tinggal di apartemen tersebut. Misalnya Anda ingin memelihara hewan peliharaan. Anda dapat mendiskusikannya dengan pihak pengelola/penyewa apartemen. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak apartemen yang membolehkan penyewanya untuk memelihara hewan peliharaan.

6. Pertimbangkan Keamanan Sekitar

Banyak orang yang memilih tinggal di apartemen karena keamanannya yang terjamin. Tetapi ketika Anda akan menyewa apartemen, perhatikan juga keamanan di lingkungan sekitarnya.

Adalah lebih baik bila Anda mencari tahu terlebih dahulu layanan keamanan seperti apa yang Anda akan dapatkan di apartemen tersebut. Jangan lupa juga untuk memastikan CCTV bekerja dengan baik dalam memantau keamanan di sekitar apartemen Anda.

7. Cari Tahu Perawatan Apartemen

Sebagai calon penyewa apartemen, Anda wajib mencari tahu tigkat kebersihan dan perawatan unit apartemen. Meski jasa cleaning service biasanya tersedia, tapi ada baiknya Anda juga tetap menjaga kebersihan di dalam apartemen yang akan Anda tinggali.

Anda juga dapat menggunakan jasa maintenance untuk merawat apartemen Anda ketika Anda sibuk dan tidak punya waktu melakukannya sendiri. Terlepas dari itu semua, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan apartemen dan dan mengontrol perawatannya.

8. Perhatikan Lahan Parkir

Lahan parkir adalah hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan ketika akan menyewa apartemen. Jika Anda memiliki kendaraan untuk mobilitas sehari-hari, pilihlah apartemen dengan lahan parkir yang memadai, aman, dan biaya bulanan yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *