Categories
Tips Properti

Tips Bikin Rumah Bersih dan Nyaman

MAU RUMAH BERSIH DAN NYAMAN? INI TIPSNYA!

Setiap orang menginginkan rumah yang bersih dan nyaman untuk ditinggali. Tidak ada cara khusus yang mahal untuk membuat rumah bersih dan nyaman selain perawatan yang tepat dan rutin.

Rumah membutuhkan perawatan rutin dan benar agar setiap penghuninya merasa nyaman dan betah tinggal di dalamnya. Kebersihan dan kenyamanan rumah yang dirawat dengan baik tidak hanya akan berpengaruh terhadap ketenangan jiwa namun juga pada kualitas kesehatan tiap orang yang tinggal di rumah itu.

Merawat rumah dapat dilakukan dalam banyak cara, mulai dari hal yang paling sederhana, seperti menjaga kebersihan, hingga melakukan renovasi sesuai kebutuhan. Di bawah ini adalah beberapa tips murah meriah yang Anda dapat gunakan untuk merawat rumah Anda.

1. Membersihkan Rumah secara Rutin

Cara merawat rumah yang paling sederhana dan mendasar adalah dengan membersihkannya secara rutin. Anda dapat membuat jadwal untuk membersihkan rumah secara teratur, baik untuk Anda pribadi maupun dengan melibatkan setiap penghuni rumah jika Anda tinggal bersama keluarga.

Dalam membersihkan rumah, ada kegiatan yang perlu dilakukan setiap hari, contohnya membersihkan debu dan menyapu lantai, dan ada yang hanya perlu dilakukan 3-5 hari sekali, seperti mengepel lantai. Anda juga perlu meluangkan waktu sekali dalam 6 bulan untuk membersihkan rumah secara keseluruhan. Pembersihan ini termasuk juga pada ruangan atau area yang jarang dibersihkan sehari-hari, seperti garasi dan gudang.

Selain itu, hal yang penting juga dalam menjaga kebersihan dan kerapihan rumah adalah untuk selalu membiasakan diri menyimpan kembali barang-barang yang diambil ke tempatnya semula.

Dengan membuat jadwal kebersihan maka Anda dan seluruh penghuni rumah akan selalu diingatkan atas tanggung jawab untuk membersihkan rumah.

2. Mengatur Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Rumah yang sehat adalah yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang cukup. Dengan membuat banyak ventilasi udara, perputaran udara di dalam rumah akan lebih menyehatkan semua penghuni di dalamnya sekaligus menjaga kualitas perabotan Anda.

Pencahayaan sinar matahari yang cukup bagi rumah juga sangat penting. Rumah yang terlalu lembab dan dingin akan menjadi tempat sempurna untuk pertumbuhan dan perkembangan jamur pada dinding maupun perabotan. Ini tentu akan mempengaruhi daya tahan dinding dan perabot di dalam rumah serta, yang paling penting, kesehatan setiap orang di dalamnya.

3. Memanfaatkan Ruang yang Tak Terpakai

Sering kita memiliki perabotan atau benda-benda yang tidak terpakai namun masih kita simpan di dalam rumah. Bila tidak diatur dengan baik, rumah akan terlihat berantakan dan sempit dengan keberadaan barang-barang ini.

Untuk mengatasi ini, Anda dapat memanfaatkan ruang atau sudut-sudut yang tidak terpakai sebagai media penyimpanan perabotan Anda. Beberapa spot yang dapat Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan adalah area kecil di bawah tangga, loteng, atau garasi. Anda dapat membuat lemari atau rak khusus untuk penyimpanan yang diletakkan di tempat-tempat tersebut.

4. Mengecat Kembali

Seiring berjalannya waktu cat dinding rumah akan ikut memudar, mengapur, bahkan mengelupas. Jika ini terjadi, Anda dapat mengambil waktu khusus untuk mengecat kembali dinding rumah Anda. Pastikan untuk membersihkan permukaan dinding sebelum Anda mengecatnya agar hasil cat dapat bertahan lama dan permukaan dinding tetap terlindungi dengan baik. Selain itu, mengecat dinding dengan warna-warna baru juga cenderung memberikan suasana dan semangat yang baru kepada setiap penghuninya.

5. Memperbaiki Kerusakan

Sambil Anda membersihkan dan merawat rumah dengan teratur, perhatikan dengan seksama setiap sudut rumah kalau saja ada yang perlu diperbaiki. Biasakan untuk memperbaiki setiap kerusakan kecil tanpa perlu menunda pekerjaan itu. Kadang dengan menunda-nunda kita menjadi lupa dan justru berakibat pada kerusakan yang lebih parah dan berimbas kepada perabotan atau benda lainnya di rumah.

Sedini mungkin lakukan perbaikan pada kerusakan sekecil apapun untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar dan luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *