Categories
Jual Properti

Iniloh, 6 Tips Cara Menjual Properti

KETAHUI 6 TIPS MENJUAL PROPERTI

Apakah Anda sedang berencana menjual properti Anda? Jika ya, maka hal pertama yang harus Anda pahami adalah bahwa proses penjualan properti tidaklah semudah menjual kendaraan atau aset bergerak lainnya.

Ketika Anda berencana menjual properti Anda, contohnya rumah atau apartemen, ada berbagai pertimbangan dan persiapan yang perlu Anda lakukan.

 

Itulah sebabnya kami telah mengumpulkan beberapa tips yang berguna untuk mempermudah proses penjualan properti Anda sehingga menemukan pembeli yang cocok. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan bahwa Anda telah siap menjual properti Anda

Properti adalah salah satu aset yang harganya akan terus naik maka Anda harus memikirkan rencana ini dengan matang.

Saat Anda akan menjual properti, pertimbangkalah hal-hal ini:

-Harga properti di saat ini

-Potensi kenaikan harga properti di masa depan

-Apakah properti adalah aset satu-satunya di saat ini yang dapat membantu keuangan Anda?

Bila Anda telah mempertimbangkan hal-hal tersebut dan merasa yakin dengan keputusan untuk menjual properti, langkah selanjutnya adalah merenovasi rumah.

2. Renovasi Rumah yang akan Anda Jual

Untuk mendapatkan harga jual yang tinggi, Anda perlu melakukan renovasi rumah dan membuatnya tampil lebih menarik.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat merenovasi rumah ialah :

– Membersihkan semua sudut rumah

-Memastikan tidak lagi aroma yang tidak sedap

-Merapikan semua bagian rumah

-Mengecat kembali tembok rumah dengan warna netral

-Menghindari dekorasi yang berlebihan

-Menyingkirkan barang-barang pribadi Anda

-Mengganti keran, engsel, dan kelengkapan usang lainnya dengan yang baru

-Bila properti yang Anda jual adalah rumah dengan halaman, Anda perlu membersihkan dan menata halaman tersebut.

Bila tampilan properti Anda sudah menarik, tahap selanjutnya adalah melakukan survey harga.

3. Survei Harga Properti

Ketika Anda telah mantap ingin menjual properti Anda dan telah merenovasinya, Anda perlu melakukan survey harga properti di pasaran. Tujuannya untuk mengetahui rata-rata harga properti di kawasan tersebut dan prospek kenaikan harganya.

Untuk survey harga ini dapat Anda lakukan dengan cara menanyakan langsung kepada agen properti di daerah itu atau dengan mengecek harga properti sejenis yang sementara dibangun di kawasan tersebut.

4. Tetapkan Harga Jual Properti

Anda dapat menetapkan harga jual properti Anda berdasarkan hasil survey harga di pasaran. Jika Anda ingin properti Anda segera terjual, pasanglah harga yang tidak terlalu tinggi dari harga pasar. Namun bila Anda kesulitan menentukan harga, Anda dapat meminta bantuan appraiser atau perusahaan penilai untuk menilai berapa harga properti Anda.

Menjual properti dapat dilakukan melalui agen properti atau dilakukan sendiri. Apabila Anda ingin menjual sendiri properti Anda, tentukanlah beberapa hal berikut ini:

-Cara terbaik dalam pemasaran properti Anda

-Kepada siapa penjualan ini Anda targetkan

-Harga penjualan properti Anda

Setelah menentukan ketiga hal ini, maka langkah selanjutnya adalah memakai jasa notaris dalam pengurusan dokumen-dokumen penjualan properti Anda.

Jika Anda menjual properti Anda melalui agen properti, Anda tidak perlu repot mengurus semua urusan tersebut karena agen-lah yang akan mengatur semuanya untuk Anda. Anda hanya tinggal membayar jasa agen tersebut.

5. Pasarkan Properti Anda Sebaik-baiknya

Bila Anda memutuskan menjual sendiri properti Anda, maka Anda harus memikirkan strategi pemasaran yang efektif, mulai dari memasang iklan di koran, majalah, maupun situs-situs penjualan online.

Pastikan juga Anda memasang baliho atau papan (signage) bertuliskan “DIJUAL” di depan properti Anda beserta nomor telepon yang dapat dihubungi untuk melancarkan proses penjualan Anda.

6. Pilihlah Penawaran Terbaik

Dalam memasarkan properti Anda, kumpulkanlah seluruh penawaran harga yang telah diajukan dan negosiasikan kembali harga terbaik yang ditawarkan . Hindari menerima penawaran di awal dan berilah waktu lebih banyak kepada pembeli untuk mengajukan beberapa penawaran.

Setelah menemukan tawaran yang cocok, Anda dapat segera mengatur proses selanjutnya, yaitu penandatanganan perjanjian jual beli, penentuan tanggal pembayaran, dan waktu penyerahan kunci rumah kepada sang pembeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *